Jangan Salah, Beda Dengan Foundation Ini Dia Kegunaan Primer Make up !

0
204

Banyak orang yang menyamakan antara foundation dan primer make up. Padahal keduanya memiliki kegunaan yang berbeda. Primer memiliki fungsi tersendiri dan tentunya berperan penting dalam langkah make up. Oleh karena itu anda harus memahami kegunaan primer make up.

Beberapa orang menyebut primer sebagai make up base. Sesuai dengan namanya, primer menjadi langkah paling awal dalam rangkaian make up yang akan membuat kulit wajah anda menjadi lebih halus, warna kulit lebih cerah dan rata, kulit lebih lembap dan memudahkan pengaplikasian make up.

Kegunaan Primer Make Up

kegunaan primer make up

Seperti yang sudah dijelaskan di atas mengenai beberapa manfaat penggunaan primer dalam rangkaian penggunaan make up. Perlu anda pahami juga bahwa fungsi primer ini berbeda dengan fungsi foundation atau concealer. Maka berikut adalah manfaat penggunaan primer untuk make up anda.

1.      Menjadi Base Make Up

Manfaat pertama dari primer make up adalah sebagai base sebelum mengaplikasikan make up lainnya. Dalam fungsinya sebagai base, primer akan melindungi wajah anda dari paparan berbagai jenis make up lainnya seperti foundation dan bedak.

Pada umumnya, primer berbentuk gel atau krim berwarna putih yang akan menghasilkan warna transparan saat digunakan. Pemilihan primer yang sesuai dengan jenis kulit akan menghindarkan anda dari permasalahan kulit karena kandungan pada make up lainnya.

2.      Menyamarkan Jerawat Dan Noda Kulit

Penggunaan primer juga berfungsi untuk menyamarkan jerawat atau noda bekas jerawat dan garis halus pada kulit wajah anda. Caranya dengan mengoleskan primer secara merata pada kulit secara perlahan sambil memberikan pijatan – pijatan kecil.

Secara umum ada dua jenis primer yang memiliki fungsi berbeda. Ada primer yang berfungsi sebagai corrector untuk mengurangi noda pada kulit wajah. Ada juga primer yang fungsinya untuk menghaluskan kulit dan memudahkan pengaplikasian foundation setelahnya.

Baca Juga :   Cara Agar Rambut Terlihat Hitam Berkilau

3.      Menyamarkan Pori – Pori

Pori – pori kerap menjadi permasalahan bagi banyak wanita karena berpengaruh pada pengaplikasian foundation yang menjadi tidak rata. Oleh karena itu, untuk membantu menyamarkan pori – pori sebelum pengaplikasian foundation, anda perlu menggunakan primer terlebih dahulu.

Memilih primer sesuai dengan jenis kulit akan membuat permukaan wajah lebih halus dan pori – pori tersamarkan dengan baik. Dengan permukaan yang rata maka akan mempermudah pengaplikasian make up yang selanjutnya seperti foundation dan bedak.

4.      Melembabkan Kulit Wajah

Penggunaan primer akan menghindarkan anda dari permasalahan kulit kering yang disebabkan oleh penggunaan foundation secara langsung. Kulit yang kering tentu akan mempengaruhi make up lainnya dan membuatnya tidak rata dan tidak menempel sempurna pada kulit.

Oleh karena itu, dengan menggunakan primer maka akan membuat kulit wajah anda tetap lembab karena kandungan primer yang bisa menghidrasi kulit. Selain itu, primer juga berfungsi mengurangi produksi sebum jadi tetap cocok untuk tipe kulit berminyak.

5.      Make Up Lebih Tahan Lama

Semua orang ingin memiliki make up yang tahan lama untuk beraktivitas sepanjang hari. Dengan menggunakan primer maka make up anda akan bertahan lebih lama karena kandungan di dalamnya yang mampu mengikat elemen make up lainnya.

Kesimpulan

Demikian adalah informasi mengenai beragam kegunaan primer make up. Jadi, jangan salah paham lagi mengenai perbedaan primer dan foundation. Primer sebagai base make up memiliki sangat banyak manfaat untuk mempermudah anda dalam mengaplikasikan make up selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here