Laki – Laki Wajib Tahu, Ini Dia 5 Cara Merawat Rambut Gondrong!

0
179

Bagi beberapa laki – laki, memiliki rambut gondrong adalah kesenangan tersendiri. Namun merawat rambut gondrong tentu berbeda dengan merawat rambut pendek laki – laki pada umumnya. Oleh karena itu, anda harus mengetahui cara merawat rambut gondrong anda agar tetap sehat.

Mengapa rambut gondrong terbilang membutuhkan perawatan yang khusus? Hal itu karena rambut gondrong cenderung lebih cepat rusak, seperti mengalami kerontokan. Oleh karena itu, merawat rambut gondrong membutuhkan cara tersendiri.

Cara Merawat Rambut Gondrong

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa dalam memelihara rambut gondrong diharuskan melakukan perawatan khusus untuk menjaga rambut tetap sehat dan tidak mudah rusak. Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk merawat rambut gondrong anda.

1.      Keramas Teratur

Hal yang paling mendasar adalah keramas secara teratur. Untuk rambut gondrong sebaiknya keramas setiap hari jika anda termasuk memiliki rambut berminyak. Namun jika anda memiliki tipe rambut kering maka cukup keramas dua hari sekali.

Jika pada rambut pendek penggunaan sembarang jenis shampoo atau conditioner tidak akan menimbulkan masalah besar pada rambut, namun pada kasus rambut gondrong anda harus memilih shampoo atau conditioner yang cocok dengan rambut anda.

Untuk cara keramasnya, disarankan untuk mencuci rambut dengan cara memijat dan membersihkan dengan benar hingga akar rambut karena rambut gondrong biasanya lebih rentan kotor. Kemudian basuh hingga bersih agar tidak menimbulkan ketombe.

2.      Gunakan Handuk Untuk Pengering

Jika anda ingin rambut gondrong anda tetap sehat dan terhindar dari berbagai kerusakan maka disarankan cukup menggunakan handuk saat mengeringkan rambut. Tidak perlu menggunakan hair dryer karena berpotensi menyebabkan rambut kering dan mudah rusak.

Baca Juga :   Perawatan Rambut Secara Alami

Cara kerja hair dryer adalah memanaskan rambut pada suhu tertentu sehingga cepat kering. Suhu panas inilah yang bisa menimbulkan berbagai masalah pada rambut gondrong anda. Cukup gunakan handuk dengan mengeringkan rambut secara perlahan dan menyeluruh.

3.      Potong Ujung Rambut Secara Teratur

Salah satu permasalahan yang kerap muncul pada rambut gondrong adalah ujung rambut yang bercabang. Untuk mengatasi hal ini anda harus memotong ujung rambut secara berkala. Cukup potong satu hingga dua centimeter secara berkala dalam satu atau dua bulan sekali.

Dengan memotong rambut yang bercabang akan membuat rambut gondrong anda lebih sehat. Untuk menghindari rambut bercabang maka perhatikan shampoo yang anda gunakan dan jangan gunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut.

4.      Gunakan Ikat Rambut dan Topi Yang Longgar

Jika anda suka mengikat atau menguncir rambut anda maka jangan ikat terlalu kencang karena bisa menyebabkan kerusakan pada akar rambut. Kerusakan pada akar rambut akan menyebabkan berbagai masalah seperti rambut mudah rontok dan permasalahan lainnya.

Sama halnya jika anda menggunakan topi. Usahakan gunakan topi yang longgar dan memberikan ruang bagi rambut untuk bernapas. Dengan cara ini maka akan mencegah kerusakan akar rambut dan membuat rambut gondrong anda tetap sehat dan terawat.

5.      Gunakan Hair Tonic

Hair tonic dipercaya mengandung nutrisi yang membantu menguatkan akar rambut anda. Penggunaan jenis hair tonic yang tepat secara rutin akan membantu mencegah kerontokan dari akar maupun kerontokan karena rambut mudah patah.

Kesimpulan

Demikian adalah informasi mengenai beberapa cara merawat rambut gondrong anda. Lakukan beberapa hal mendasar tersebut untuk menjaga rambut anda tetap sehat dan terawat. Menjaga rambut gondrong memang terbilang tidak mudah namun dengan memperhatikan perawatannya akan mencegah rambut anda dari kerusakan.

Baca Juga :   Bukan Dengan Catokan, Ini Dia Cara Merawat Rambut Agar Lurus Dan Lembut !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here