Rambut Keritingmu Mudah Rontok dan Kering? Coba Cara Merawat Rambut Keriting Ini, Yuk!

0
45

Memiliki rambut keriting seringkali mendapatkan pujian dari banyak orang yang melihatnya. Namun di balik itu, kamu si pemilik rambut keriting pasti merasakan kesulitan untuk mengaturnya. Hal ini sangat tidak cocok apabila kamu sedang berada di situasi terburu-buru, karena rambut keriting cenderung sangat mudah mengembang maka membutuhkan perawatan khusus yang juga memakan waktu cukup lama. Jadi, bagaimana sih cara merawat rambut keriting yang baik?

Cara merawat rambut keriting agar mudah diatur

cara merawat rambut keriting

Manusia memiliki bermacam-macam jenis rambut seperti rambut lurus, rambut ikal keriting, dan bergelombang. Masing-masing dari itu memiliki cara perawatannya sendiri.

Rambut lurus cenderung lebih mudah untuk diatur, apalagi jika kita sedang dalam keadaan yang tergesa-gesa.

Masalah umum yang terjadi pada rambut lurus biasanya hanya rambut yang mengembang. Kamu bisa merawatnya dengan memberikan vitamin rambut untuk membuatnya terlihat lebih rapi sekaligus menutrisi rambut.

Sedangkan untuk rambut keriting, cenderung lebih susah untuk dirawat karena mayoritas pemilik rambut keriting akan merasakan rambutnya mudah menjadi kering dan mudah rontok.

Oleh karena itu, bagaimana cara yang benar untuk merawatnya?

1.      Pilih Shampoo yang Melembabkan

Karena masalah mayoritas pemilik rambut keriting adalah rambut yang mudah kering, maka sebaiknya Kamu memilih produk shampoo yang bisa melembabkan.

Memilih shampoo sesuai jenis rambut tentu sangat penting. Bayangkan saja apabila kamu pemilik rambut kering dan memilih shampoo untuk menghilangkan minyak berlebih. Hal itu pasti akan membuat rambut kamu jadi lebih kering.

Oleh karena itu, dalam memilih shampoo setidaknya perhatikan klaim dari shampoo apabila tidak memahami kandungan shampoo yang baik untuk rambut kamu.

2.      Sisir Rambut Sebelum Keramas

Menyisir rambut sebelum keramas sangat membantu untuk mengurangi kerontokan pada rambut. Terutama kamu pemilik rambut keriting yang mudah sekali rontok.

Baca Juga :   Solusi Terbaik Mengatasi Ketombe

Hindari untuk menyisir rambut ketika rambut masih basah. Karena rambut yang basah akan lebih mudah patah ketika disisir.

3.      Gunakan Pelembab untuk Rambut

Setelah mengusahakan menggunakan shampoo yang bisa melembabkan, kamu bisa juga memaksimalkannya dengan menggunakan conditioner setiap sehabis keramas.

Kamu bisa memilih conditioner yang mengandung vitamin E dan shea butter untuk melembabkan rambut keriting Kamu.

Untuk menggunakan conditioner, Kamu bisa mengoleskannya dari batang rambut sampai ujung rambut dan diamkan selama beberapa menit, lalu bilas.

4.      Gunakan Hair mask

Langkah berikutnya, Kamu bisa menggunakan hair mask atau masker rambut. Hair mask ini bisa melembabkan rambut keriting kamu dan memberikan nutrisinya agar jadi lebih sehat dan lembab.

Untuk menggunakannya Kamu bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak argan.

Caranya adalah oleskan pada rambut dan tutup lalu diamkan semalaman. Kemudian Kamu bisa menggunakan shampoo dan conditioner di pagi harinya untuk membilas minyak yang sudah didiamkan semalaman.

5.      Gunakan Sisir Bergigi Jarang

Mudah kering dan patah, merawat rambut keriting perlu ketelatenan dan kehati-harian. Contohnya adalah menyisirnya menggunakan sisir yang bergigi jarang.

Struktur rambut keriting yang bergelombang sangat tidak disarankan menggunakan sisir bergigi rapat karena rambut akan dengan mudah tersangkut dan susah untuk disisir. Jadi, solusinya kamu bisa menggunakan sisir bergigi jarang untuk menghindari rambut tersangkut dan patah.

Nah, jadi jangan sedih ya punya rambut keriting. Demikian informasi mengenai cara merawat rambut keriting agar tidak mudah kusut. Semoga tips di atas membantu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here