Cara Alami Mengobati Mata Iritasi karena Softlens dan Pencegahan

0
40

Artikel ini akan membahas mengenai 5 cara alami mengobati mata iritasi karena softlens. Jadi, jika Anda ingin tahu apa saja caranya, simak penjelasan di bawah ini hingga akhir ya!

Cara Alami Mengobati Mata Iritasi karena Softlens

cara alami mengobati mata iritasi karena softlens

Kontak lensa atau softlens adalah suatu benda yang berguna untuk membantu penglihatan, menggantikan keberadaan kaca mata, bahkan dijadikan sebagai fashion karena tersedia dengan berbagai varian warna maupun motif.

Namun, benda ini tidak bisa digunakan sembarangan. Anda harus tahu bagaimana cara menggunakannya dengan benar, seperti tangan harus bersih, menggunakannya dalam jangka waktu tertentu, tidak dipakai ketika tidur, dan lain sebagainya.

Jika salah menggunakannya, maka softlens bisa saja menyebabkan iritasi yang mana tingkatannya bisa mencapai kebutaan. Jadi, bagaimana cara mengobati iritasi ini?

Berhenti Menggunakan Softlens

Ketika Anda sudah merasa tidak nyaman maka lepaskanlah softlens. Hal ini dikarenakan jika Anda terus saja menggunakannya maka iritasi akan semakin serius.

Kompres Air Hangat

Mengompres mata dengan menggunakan air hangat ini bisa membantu meredakan nyeri karena iritasi softlens. Cara menggunakannya, hanyalah dengan memasukkan handuk bersih ke dalam air hangat dan kompres mata yang sakit. Cara ini juga bisa membantu membersihkan kotoran dan nanah.

Kompres Air Dingin

Selain air hangat, Anda juga mengompres mata yang iritasi dengan menggunakan air dingin. Cara ini bisa membantu meredakan ketidaknyamanan mata dan mengurangi pembengkakan serta rasa nyeri. Caranya adalah dengan merendam handuk atau kain bersih ke air dingin dan letakkan di kelopak mata Anda.

Menghindari Paparan Sinar Matahari atau Layar

Paparan sinar matahari secara langsung atau cahaya terang lainnya, seperti layar ponsel maupun komputer bisa menyebabkan mata nyeri dan memperburuk rasa sakitnya. Oleh karena itu, gunakanlah kacamata hitam atau hindarilah sinar matahari apalagi saat siang hari atau terik. Itu bisa membantu Anda untuk mengurangi rasa sakit dan membantu mata agar segera pulih.

Baca Juga :   Cara Mengobati Panu Yang Sudah Menyebar Dengan Cepat

Kantung Teh Hijau

Teh hijau tidak hanya baik dikonsumsi tubuh, tetapi juga membantu menyembuhkan mata iritasi akibat menggunakan softlens. Cara penggunaannya adalah dengan menempatkan kantung teh hijau dingin di atas kelopak mata dan itu bisa membantu mengurangi pembengkakan serta meredakan peradangan. Tidak hanya itu saja, cara ini juga bisa membantu Anda merasa lebih santai dan tidak stres.

Menggunakan Pelembap Udara dan Minyak Esensial

Alat pelembap udara atau humidifier bisa membantu Anda untuk mengurangi rasa nyeri pada mata. Selain itu, Anda juga bisa menambahkannya dengan minyak esensial, seperti peppermint, rosemary, dan tea tree.

Mencegah Iritasi karena Penggunaan Softlens

Adapun beberapa cara untuk mencegah agar mata tidak teriritasi, walaupun sering menggunakan kontak lensa. Berikut ini adalah penjelasannya, antara lain:

Simpan di Tempat yang Tepat

Anda harus menyimpan softlens dengan benar karena jika meletakkannya sembarangan maka softlens bisa saja kotor dan kering sehingga tidak bisa digunakan kembali.

Hal tersebut juga bisa menjadi salah satu faktor terjadinya iritasi pada mata.

Jangan Gunakan Ketika Tidur

Memang terkadang melepas softlens akan terasa berat apalagi ketika sudah lelah setelah beraktivitas seharian. Namun, menggunakan softlens ketika tidur bukanlah pilihan yang bagus bahkan itu adalah yang terburuk. Hal ini bisa memicu terjadinya stres oksidatif dan mengurangi asupan oksigen ke mata.

Lakukanlah salah satu cara alami mengobati iritasi mata karena softlens yang sudah dijelaskan di atas atau jika satu tidak mempan maka lakukanlah cara lainnya. Jika kondisinya parah, maka segera hubungilah dokter terpercaya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here