Bukan Dengan Catokan, Ini Dia Cara Merawat Rambut Agar Lurus Dan Lembut !

0
272

Mungkin anda berpikir untuk membuat rambut anda lurus dan lembut cukup menggunakan catokan atau shine spray, dan rambut anda akan lurus secara instan. Namun cara itu justru bisa menimbulkan kerusakan pada rambut. Oleh karena itu ada cara merawat rambut agar lurus dan lembut dengan benar.

Cara Merawat Rambut Agar Lurus Dan Lembut

cara merawat rambut agar lurus dan lembut

Penggunaan peralatan instan tidak akan membuat rambut anda lurus dan lembut secara permanen. Perawatan rutin tidak akan membuat rambut anda lurus dan halus dalam waktu singkat. Namun dengan perawatan rutin akan membuat rambut anda sehat dan terawat secara permanen.

1.      Keramas Secara Berkala

Jika anda menganggap semakin sering keramas akan membuat rambut anda semakin bersih dan sehat maka itu anggapan yang salah. Keramas berguna untuk menghilangkan kotoran pada rambut, namun jika terlalu sering keramas justru akan menyebabkan kerusakan pada rambut.

2.      Gunakan Shampoo Dan Conditioner yang Sesuai

Jangan asal pilih shampoo dan conditioner, perhatikan kandungan yang cocok dengan tipe rambut anda. Penggunaan shampoo dan conditioner yang salah akan mengakibatkan beberapa permasalahan rambut seperti kerontokan, rambut kering, dan munculnya ketombe.

3.      Gunakan Vitamin Rambut

Penggunaan vitamin rambut akan membantu menutrisi akar rambut anda sehingga lebih kuat. Penggunaan secara rutin dan berkala juga akan membantu rambut anda lebih halus dan tidak kering. Gunakan vitamin setelah keramas dan usapkan dengan pijatan – pijatan kecil secara merata

4.      Gunakan Hair Mask Atau Creambath

Penggunaan creambath atau hair mask secara berkala akan membantu menghaluskan rambut anda. Aplikasikan setelah keramas kemudian diamkan dalam 45 menit hingga satu jam, setelah itu bilas rambut kembali. Gunakan secara berkala, misalkan satu kali seminggu.

Baca Juga :   Mengatasi Rambut Yang Susah Diatur

5.      Hindari Penggunaan Hair Dryer

Jika anda ingin rambut anda halus dan lurus secara permanen maka hindari penggunaan hair dryer. Suhu panas pada hair dryer akan mengakibatkan kerusakan pada jaringan rambut dan menyebabkan berbagai permasalahan seperti kerontokan dan rambut kering.

6.      Gunakan Minyak Rambut

Penggunaan minyak rambut dengan kandungan urang – aring atau kemiri akan membantu rambut anda halus secara permanen. Gunakan secara berkala pada malam hari menjelang tidur. Ikat rambut anda agar tidak mengenai wajah kemudian cucilah keesokan harinya.

7.      Jangan Ikat Rambut Terlalu Kencang

Jika anda suka menguncir atau mengikat rambut maka cukup ikat dengan longgar saja. Mengikat rambut terlalu kencang akan menghambat pernapasan rambut, hal ini juga akan menyebabkan berbagai permasalahan pada rambut seperti kerontokan dari akar dan rambut mudah patah.

8.      Gunakan Masker Rambut Alami

Untuk membantu menutrisi rambut anda dan membuatnya semakin halus maka gunakan masker rambut alami. Ada beberapa bahan alami yang bisa anda jadikan masker rambut seperti kelapa, jeruk nipis, teh hijau, pisang, madu, susu, pepaya, dan bahan alami lainnya.

Untuk penggunaan masker alami biasanya diaplikasikan dengan cara dihaluskan terlebih dahulu kemudian diambil hasil perasannya. Cukup ratakan pada rambut kemudian diamkan dalam 30 hingga 45 menit, setelah itu bilas menggunakan air bersih. Lakukan secara berkala misalkan dua minggu sekali.

Kesimpulan

Demikian adalah informasi mengenai cara merawat rambut agar lurus dan lembut. Cara – cara sederhana tersebut bisa anda lakukan secara teratur untuk menyehatkan rambut anda secara permanen. Memang tidak akan menghasilkan perubahan secara instan, namun dengan rutin melakukan perawatan akan memberikan hasil yang maksimal.

Baca Juga :   Manfaat Pepaya untuk Kecantikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here