5 Penyebab Jerawat dan Rekomendasi Skincare yang Bisa Mengatasi

0
11

Penyebab jerawat dan rekomendasi skincare – Jerawat atau dalam istilah medis biasa disebut dengan acne vulgaris merupakan salah satu masalah kulit yang paling banyak dialami oleh semua orang. Apalagi bagi anda yang memiliki kulit berminyak/ sensitif. Meskipun tidak berbahaya, tetapi munculnya jerawat terbukti bisa membuat anda kurang percaya diri.

Lalu apa sih penyebab dari timbulnya jerawat ini? Berikut penjelasan terkait penyebab jerawat yang perlu anda ketahui.

  1. Tidak membersihkan wajah sebelum tidur

Girls, jangan sampai kamu malas membersikan wajah sebelum tidur yaa! Akibatnya bisa fatal loo buat kulit wajahmu. Kulit akan terlihat kusam dan tidak cerah lagi, lalu dapat merusak sel kulit pada wajah, dan bisa menimbulkan jerawat. Apalagi setelah seharian kita beraktifitas menggunakan make up yang cukup tebal, lalu ditambah debu, kotoran, minyak wajah, sehingga pori-porimu akan tersumbat dan menyebabkan muncul jerawat baru.

Ngga mau kan wajahmu penuh dengan jerawat? Jadi jangan malas buat membersihkan wajah sebelum tidur yaa.

  1. Terlalu sering mencuci muka/ eksfoliasi (scrub wajah)

Membersihkan wajah memang baik, tapi jika terlalu sering juga tidak baik. Kenapa? Karena kulit akan jadi iritasi dan lebih sensitif. Karena sebenarnya kulit kita akan memproduksi minyak yang bermanfaat untuk melembabkan kulit.

Kandungan bahan kimia dalam sabun pembersih dapat membunuh bakteri baik pada kulit. Karena pada dasarnya bahan kimia tidak dapat membedakan bakteri baik dan bakteri buruk. Jadi mencuci muka 2 kali sehari saja sudah cukup.

Hindari penggunaan scrub jika kalian sedang berjerawat, karena bisa menimbulkan iritasi.

  1. Cara mencuci muka kurang tepat

Sudah menggunakan berbagai macam skincare tapi masih berjerawat? Mungkin karena cara cuci muka anda kurang tepat.

Ketika cuci muka pastikan tangan kalian benar-benar sudah bersih. Jika rambut anda panjang, coba diikat terlebih dahulu. Supaya lebih nyaman dan kotoran pada rambut tidak menempel dikulit wajah.

Jika seharian anda menggunakan make up, bersihkan dulu dengan pembersih khusus yang sesuai dengan kulitmu. Setelah itu cuci muka dengan sabun, pijat dengan lembut dan bilas menggunakan air mengalir.

Setelah cuci muka, lap dengan handuk/ waslap. Pastikan juga kebersihannya. Karena jika ada bakteri yang menempel dihanduk akan  berpindah diwajah dan menyebabkan jerawat.

Eitss ketika mengeringkan wajah menggunakan handuk/ waslap jangan digosok. Karena akan menurunkan elastisitas kulit. Cukup tepuk dengan pelan-pelan dan biarkan mengering dengan sendirinya.

  1. Stres

Faktor penyebab stres muncul dari berbagai sisi, mulai dari faktor individu, pekerjaan, dll. Stres menyebabkan reaksi kimiawi dalam tubuh yang membuat kulit menjadi lebih sensitif dan reaktif. Pernahkah anda memperhatikan bahwa ketika kita stres wajah mengeluarkan banyak minyak?

Saat kelenjar minyak memproduksi minyak berlebih atau ketika kotoran menyumbat pori-pori maka akan terbentuk komedo. Komedo inilah yang nantinya menjadi cikal bakal munculnya jerawat. Yuk mulai jaga kondisi badan, dengan cara tidur cukup, banyak olahraga, menjaga pola makan, dan perbanyak minum air putih.

  1. Menggunakan kosmetik yang salah

Setiap kosmetik yang diciptakan memiliki kandungan yang berbeda-beda. Pemilihan kosmetik yang tidak tepat dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori dan penumpukan komedo. Kalo kamu salah pilih produk kosmetik bisa jadi akan muncul jerawat dikulit.

Tips pemilihan make-up untuk kulit berminyak. Kalo jenis kulitmu berminyak/ sensitif, pilihkah kosmetik yang belabel khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat (for oily and acne-prone skin). Kurangi pemakaian primer karena dapat menutup pori-pori. Untuk bedak sebaiknya gunakan bedak tabur, karena kandungannya lebih ringan dibanding bedak padat. Tapi bukan berati tidak boleh menggunakan beberapa produk make up tadi. Hanyak menguragi. Okeyy!

Nah berikut beberapa skin care lokal yang bisa kalian gunakan untuk menghilangkan jerawat:

  1. Mineral Botanica Spot Treatment Reduce Acne and Spot

penyebab jerawat dan rekomendasi skincare

Tokopedia: Rp39,000

Mineral Botanica Spot Treatment mengandung salicylic acid yang bisa mencegah peradangan sekaligus menyamarkan bekas yang ditimbulkan jerawat. Berdasarkan klaimnya, produk ini juga bisa menghilangkan flek hitam lho.

  1. Elsheskin Smoothing Serum For Acne Skin

penyebab jerawat dan rekomendasi skincare

sociolla: Rp113,750

ElshéSkin merupakan local brand perawatan kulit dan kosmetik untuk semua masalah kulit, seperti jerawat, komedo, minyak berlebih, kusam, penuaan dini, flek hitam, maupun bekas jerawat.

Komposisi :

Alcohol, Aqua, Glycerin, Centella Asiatica Leaf Extract, Butylene Glycol, Salicylic Acid, Methylsilanol Mannuronate, Carbomer.

  1. Clean & Clear Advantage Mark Treatment

penyebab jerawat dan rekomendasi skincare

Sociolla: Rp. 87.000

Clean and Clear Advantage Mark Treatment digunakan untuk menghilangkan jerawat dengan cepat sekaligus mengurangi tampilan bekas jerawat di wajah. Formula terobosan baru ini diperkaya dengan teknologi spesial untuk perawatan jerawat, dan Salicylic Acid untuk melawan jerawat. Formula uniknya dilengkapi dengan Glycolic Acid yang dapat membuat permukaan kulit menjadi bersih jernih dan menghilangkan tampilan bekas jerawat.

Nah itu tadi beberapa rekomendasi produk skin care dari brand lokal. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here