Bisnis Produk Kecantikan Yang Bisa Dijalankan Ibu Rumah Tangga

0
384

Selain bisnis makanan, bisnis produk kecantikan bisa menjadi ide yang sangat bagus sebagai langkah awal untuk mengawali bisnismu. Terlebih akhir-akhir ini produk kecantikan sedang naik daun seiring banyaknya peminat dan konsumen yang tertarik dengan beragam produk kecantikan. Situasi pandemi seperti satu tahun ke belakang nyatanya benar-benar mengubah kebiasaan orang-orang. Penjualan dan pemasan yang selama ini berjalan secara tatap muka kini beralih menjadi secara online. Hal ini berlaku juga untuk produk kecantikan yang terus mengalami peningkatan penjualan secara online. Pada tahun 2017, Statista mencatat bahwa 6% penjualan produk kesehatan dan kecantikan melalui platform online. Angka tersebut selalu meningkat setiap tahun bersamaan dengan perubahan minat dan kebiasaan konsumen belakangan ini. Peningkatan tersebut jadi lampu hijau bagi kamu yang baru mau memulai bisnis. Enggak ada salahnya juga loh kamu memulai bisnis tersebut dengan menjajakan produk kecantikan. Buat ibu rumah tangga yang ingin menambah pemasukan dengan menjalankan bisnis rumahan juga bisa banget mencoba peruntungan lewat bisnis ini.

Minuman herbal berkaitan dengan produk kecantikan dan kesehatan tergantung dari bahan yang kamu gunakan. Biasanya minuman herbal akan menjadi teh atau jamu. Beberapa produk minuman herbal yang fungsinya banyak dicari masyarakat misalnya seperti menurunkan berat badan, mengecilkan perut, hingga memperlancar haid. Bisnis produk kecantikan dengan menjajakan lulur yang semua pembuatannya dengan cara homemade merupakan ide lainnya. Lulur memang menjadi produk kecantikan lain yang penjualannya cukup tinggi di pasaran. Kamu bisa meracik lulur yang penggunaannya untuk mandi, atau rambut (hair spa) dengan menggunakan rempah. Beberapa rempah yang biasa digunakan untuk lulur misalnya seperti bengkuang, susu, kopi, beras, madu. Fungsi lulur untuk mencerahkan dan memutihkan badan jadi lulur yang paling banyak dicari masyarakat kebanyakan. Air mawar bisa berfungsi dengan sangat baik untuk melembabkan tubuh karena mengandung pelembab alami dan antioksidan. Untuk wajah, air mawar berfungsi sebagai pembersih riasan, toner, mengurangi peradangan. Banyaknya kandungan baik yang terkandung dalam air mawar membuat produk yang satu ini juga diburu di pasaran.

Baca Juga :   Cara Melembutkan Telapak Tangan yang Kasar dan Kering

Apalagi saat ini produk kecantikan tidak hanya dilirik oleh perempuan. Banyak juga laki-laki yang sudah sadar untuk merawat diri dan terlihat menarik dengan menjaga penampilannya. Target konsumen yang ada untuk bisnis ini lantas tidak hanya terbatas untuk perempuan karena segmentasi konsumen produkmu bisa lebih luas. Masih bingung mau bisnis produk kecantikan yang bagaimana? Nih, kami kasih kumpulan produk kecantikan yang bisa kamu jadikan ladang cuan. Masker organik jadi produk pertama yang bisa sangat mudah kamu buat hanya dari rumah. Bahan yang kamu perlukan untuk membuat masker organik pun sangat mudah karena bahan-bahan dari dapur rumah pun bisa kamu sulap jadi masker organik. Sebut saja seperti putih telur, tomat, berbagai jenis buah-buahan, kopi, teh, cokelat, dan banyak yang lainnya. Bahan-bahan tersebut bisa kamu jadikan sebagai bahan utama dari masker organik. Penggunaan bahan organik dengan meminimalisir pemakaian bahan kimia bisa mengurangi potensi iritasi dan alergi. Selanjutnya adalah minuman herbal yang juga bisa kamu produksi secara mandiri di rumah dengan membuat dan mengolahnya dari bahan alami.

Mengikuti program droshipper atau reseller bisa menjadi pilihan lain untuk kamu yang tidak ahli membuat produk kecantikan. Dengan menjadi dropshiper atau reseller, kamu bisa memulai bisnis dengan modal yang kecil dan tidak membutuhkan keahlian untuk memproduksi. Proses penjualan bahkan bisa kamu jalankan melalui smartphone dan tidak memerlukan lokasi toko offline. Keuntungan lain menjadi reseller atau dropshipper, kamu juga bisa mendapatkan harga yang lebih murah sehingga keuntungan kamu bisa terakumulasikan dengan lumayan. Tidak hanya itu, menjadi reseller dan dropshipper juga lebih mudah karena untuk kegiatan promosi untuk produk tersebut umumnya juga akan dilakukan oleh produsen utama. Selain reseller dan drophsipper, kamu juga bisa melakukan re-packing. Re-packing atau mengemas ulang sebuah produk sesuai dengan perjanjian dan perizinan adalah sesuatu yang boleh kamu lakukan. Tapi, kamu benar-benar harus mendapatkan izin yang sah untuk melakukan re-packing. Karena jika kamu tidak mendapatkan izin, maka produkmu adalah produk ilegal. Untuk melakukan re-packing, kamu harus mendapatkan izin dari BPOM dan izin dari produsen yang produknya ingin kamu re-packing.

Baca Juga :   Cara Agar Rambut Terlihat Hitam Berkilau

Selain perizinan, kamu tentu harus menyiapkan kemasan dan brand yang benar-benar otentik milikmu sendiri. Walaupun situasi pandemic begini, kamu tetap bisa mencoba peluang dengan menjajakan produk kecantikan. Saatnya memanfaatkan popularitas industri kecantikan yang sedang mencuri perhatian konsumen. Supaya bisnis kamu bertahan lama, kamu perlu menyiapkan bisnis dengan baik. Kamu perlu mempersiapkan bisnis dengan matang sampai ke hal yang terkecil sekalipun. Baik dari proses pemilihan bahan, proses produksi, hingga pengemasan. Kamu juga bisa mempromosikannya dengan baik melalui sosial media atau menggunakan bantuan selebgram dengan endorse. Jangan lupa untuk mengurus perizinan di BPOM agar produkmua terdaftar secara legal dan mendapat jaminan keamanan. Produk kecantikan yang terdaftar secara resmi bisa menjadi nilai lebih untuk kamu karena konsumen saat ini benar-benar mengutamakan keamanan. Jaminan keamanan yang terdaftar dalam BPOM akan membuat konsumen lega. Biar konsumen lebih tertarik, kamu bisa membuat kemasan dengan desain yang lebih menarik. Desain pada kemasan produk kecantikan bisa terlihat sangat menggemaskan dan menarik, loh. Sebagai referensi, kamu bisa melihat referensi desain dari aplikasi atau sumber terbuka lain. Gimana nih? Udah tertarik untuk bikin produk kecantikan sendiri untuk bisnis kamu? Buat yang baru mau coba berbisnis, maupun yang sudah memulai bisnis pada bidang ini, tetap semangat menjalaninya, ya!

Kamu bisa membuat produk air mawar homemade yang minim kandungan dan senyawa kimia. Bahan yang kamu perlukan bahkan hanya kelopak dari bunga mawar segar lalu rendam dan rebus mawar dengan air. Setelah itu, kamu bisa menyuling air untuk mendapatkan air mawar yang berkualitas. Perawatan bibir akan menjadi bisnis produk kecantikan selanjutnya yang bisa kamu jalankan dengan memulainya dari rumah. Produk perawatan bibir memang tersedia dalam berbagai macam jenis, mulai dari lipstick, liptint, hingga libscrub. Lip scrub merupakan produk perawatan bibir yang berfungsi untuk memberikan nutrisi, mengangkat kulit kering bibir, dan membersihkan bibir. Scrub halus pada lib scrub terbuat dari gula pasir dengan campuran potreleum jelly, minyak zaitun, atau minyak kelapa. Bisnis produk kecantikan bisa kamu lakukan dengan menjual berbagai produk dengan berbagai cara. Namun, jika kamu merasa tidak ahli dalam membuat produk kecantikan, kamu tetap bisa menjajakan produk kamu dengan cara-cara lain. Saat ini produsen dengan skala usaha yang sudah besar sering merekrut atau menawarkan program dropshipper dan reseller.

Baca Juga :   Tidak Perlu Emosi, Begini 10 Cara Menghadapi Orang Munafik

Maka, ia berpikir sejenak sebab tidak akan mungkin dirinya menghadapi Bandung Bandawasa dengan kekuatan otot dan kesaktian. “Baiklah Bandung, aku tidak ada pilihan lain. “Sebagaimana seorang putri yang akan dijadikan istri, aku akan meminta tanda pinangan,” jawab Roro Jonggrang. “Oh Jonggrang, demi wanita secantik dirimu aku akan memberikan apa saja yang kau minta. Ayo Jonggrang apa yang kau minta? Bukankah itu terlalu mudah untukku? “Jumlahnya seribu dan harus selesai dalam satu malam! ” kata Jonggrang menuntut. Sebagai laki-laki yang sedang jatuh cinta Bandung merasa tertantang sehingga ia pun menyanggupi. Senyum Jonggrang sang pujaan semakin membakar api asmara dalam dirinya. Terdorong oleh hal tersebut maka Bandung bersiap untuk mengerjakannya. Sementara itu, Roro Jonggrang yakin bahwa mustahil seorang mampu membuat seribu patung hanya dalam waktu semalam. Dengan ini niat Bandung meminang dirinya pun pasti gagal. Ia punya alasan untuk membuat Bandung pulang ke kerajaannya tanpa membawa dirinya sebagai istri. Ia juga yakin bahwa seorang satria apalagi anak seorang Raja tidak akan berbohong apalagi ingkar janji.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here