Jangan Menyerah! Ini Tips Make up untuk Kulit Sensitif Kamu

0
304

Memiliki kulit yang sensitif mengharuskan kita untuk memahami kandungan-kandungan dalam make up dan tidak bisa sembarangan gonta-ganti produk. Hal ini dikarenakan pemilik kulit sensitif dapat dengan mudah terkena iritasi, seperti kulit kemerahan, gatal-gatal, bahkan kulit mengelupas. Nah, kini kami akan membagikan tips make up untuk kulit sensitif agar kulit kamu lebih aman.

Tips Make Up untuk Kulit Sensitif

make up untuk kulit sensitif

Pemilik kulit sensitif seringkali geram dan memilih untuk menghindari menggunakan make up atau mencoba produk baru. Padahal seharusnya hal itu menjadi tantangan agar kamu bisa lebih mengeksplore dan memahami masalah kulitmu.

Meski terkadang hal itu harus memakan resiko, setidaknya kamu bisa memiliki satu produk andalan yang aman untuk kulitmu.

Sama halnya dalam menggunakan make up, berikut kami jabarkan tips-tips untuk kamu pemilik kulit sensitif.

  1. Hindari Bahan-Bahan Ini

Dalam memilih skincare atau kosmetik, kamu harus paham bahan-bahan apa yang tidak cocok di kulitmu. Itu sebabnya mengapa kamu harus selalu mengeksplore dan mencoba agar kamu menemukan produk yang cocok.

Bahan-bahan pada skincare dan kosmetik yang sebaiknya kamu hindari jika memiliki kulit sensitif adalah:

  • Parfum
  • Alkohol
  • Paraben
  • Minyak Esensial
  • Oxybenzone
  • Sodium Lauryl Sulphate dan Sodium Laureth Sulphate
  • Methylisothiazolone
  1. Perhatikan Tanggal Kadaluarsa

Tanggal kadaluarsa merupakan tanggal peringatan agar kamu menghentikan penggunaannya. Hal ini dikarenakan masa kandungannya sudah habis sehingga tidak lagi bermanfaat, dan justru memberikan dampak yang buruk untuk kulitmu.

  1. Tidak Semua Produk Organik Baik untuk Kulit Sensitif

Sekarang sudah banyak sekali produk skincare maupun make up yang memamerkan label organik. Namun, hal ini patut kamu waspadai karena banyak produk organik yang tetap menggunakan parfum dan pengawet.

Baca Juga :   10 Tips Menjadi Orang Sukses yang Wajib Banget Dicoba

Bahan-bahan tersebut adalah bahan yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya, yang sebaiknya dihindari oleh pemilik kulit sensitif.

  1. Gunakan Thermal Water Sebelum Make Up

Thermal water adalah air khusus yang banyak digunakan untuk produk khusus kulit sensitif. Bedanya dengan air biasa, adalah karena air ini diambil langsung dari kerak bumi yang mana ada di bawah tanah dan terhindar dari polusi.

Maka dari itu, air ini sangat baik untuk digunakan pemilik kulit sensitif.

  1. Gunakan Alas Bedak yang Melembabkan

Menggunakan alas bedak seperti foundation, sering dihindari oleh para pemilik kulit sensitif karena akan menjadikan kulit kering. Ada yang menyarankan untuk menggunakan BB cream yang lebih ringan untuk kulit.

Sebenarnya keduanya diperbolehkan, asalkan kamu sebaiknya memilih produk yang mengandung hyaluronic acid agar kelembaban kulitmu tetap terjaga.

Rekomendasi Foundation untuk Kulit Sensitif

Di sini, kami akan merekomendasikan produk foundation yang bisa kamu coba sebagai pemilik kulit sensitif, di antaranya:

  1. Maybelline Fit Me! Dewy + Smooth Foundation

Pertama ada produk yang sudah terbukti memiliki banyak pengguna. Foundation keluaran Maybelline jenis ini sangat ringan dan bisa menghidrasi kulit kamu dengan sangat baik.

  1. Rose’ All Day Realest Lightweight Foundation

Berikutnya ada merek lokal yang menghasilkan dewy finish. Teksturnya juga sangat ringan dan mengandung hyaluronic acid sehingga bagus untuk melembabkan.

  1. Rivera Cover It All Foundation

Punya banyak bekas jerawat? Kamu butuh foundation high pigmantation! Nah, Rivera ini juga aman untuk kamu yang punya kulit sensitif dan berjerawat.

Jadi, demikian informasi mengenai tips make up untuk kulit sensitif. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here