Penyebab Kulit Belang, Pencegahan, dan Cara Pengobatannya

0
294

Miss Beauty – Seperti yang telah kita ketahui kulit merupakan bagian terluar tubuh yang melindungi tubuh dari berbagai jenis penyebab penyakit, kulit ibaratnya perisai yang selalu siap sedia kapanpun untuk melindungi, menghangatkan dikala dingin, melembabkan dikala panas, dan masih banyak lagi fungsi utama kulit lainnya.

Ada beberapa jenis Masalah yang bisa terjadi pada kulit, Mulai dari masalah dan penyakit kulit ringan sampai yang terparah seperti kanker. Gangguan dan permasalahan pada kulit yang ringan salah satunya yaitu penyakit kudis, panu dan perubahan warna yang terlihat mencolok pada sebagian kulit dengan bagian lainnya atau yang sering disebut dengan kulit belang.

Sebenarnya Penyakit kulit belang bukan lah termasuk masalah yang serius, namun terkadang membuat risih dan mengganggu penampilan penderitanya. apa saja Penyebab Kulit Belang, Pencegahan, dan Cara Pengobatannya? Simak terus ya

Penyebab Kulit Belang

Penyebab Kulit Belang, Pencegahan, dan Cara Pengobatannya

Faktor-faktor Penyebab kulit belang antara lain bisa disebabkan oleh berbagai kemungkinan berikut yaitu :

  1. Kulit belang akibat Vitiligo

Vitiligo biasanya ditandai dengan perubahan warna pada sebagian area kulit yang berwarna putih, dan terasa halus saat dipengang. hal ini terjadi akibat kurangnya produksi pigmentasi kulit atau Hipopigmentasi.

Vitilig merupakan suatu kondisi kurangnya produksi pigmen yang akibatkan oleh rusaknya sel-sel produsen pigmen karena gangguan outoimun. Sayangnya sampai saat ini vitiligo belum bisa diobati.

  1. Kulit belang akibat Albino

Albino adalah kelain gen yang menyebabkan hyperpigmentasi kulit, ini merupakan kelainan langka yang mana seseorang lahir dengan tidak adanya enzim penghasil melanin. untuk pigmentasi yaitu pemberi warna pada kulit.

  1. Kulit belang karena Melasma

Perbedaan warna kulit munkin saja disebabkan oleh melasma, ditandai dengan bercak-bercak kecoklatan atau bintik-bintik hijau pada kulit tubuh dan wajah, Biasanya melasma sering dialami oleh para wanita hamil dan wanita usia 25 tahun keatas.

Baca Juga :   Rekomendasi Skincare Hada Labo untuk Kulit Berminyak, Wajib Punya!

Menurut penelitian medis, diyakini melasma pada kulit sangat berkaitan dengan perbuahan hormon pada wanita dan bisa juga di akibatkan oleh paparan sinar UV.

  1. Belang pada kulit akibat Lentigo Surya

Apa itu lentigo surga?, di indonesia sering disebut dengan bintik matahari, yang mana masalah ini di tandai oleh adanya perubahan pada sebagian kulit yang sering bersentuhan atau sering terkena sinar matahari dalam wartu lama.

Lentigo surya atau perubahan warna kulit atau kulit belang ini biasanya sering terdapat pada bagian wajah, lengan, pundak atas dan punggung. ukuran nya pun bervariasi, mulai dari bintik-bintik kecil sehingga berukuran besar, bahkan ada juga yang seukuran koin kecil dan lebih besar lagi.

  1. Perubahan Warna Kulit akibat Luka

Umumnya penyebab kulit belang atau penyebab perubahan warna pada kulit yang paling sering terjadi yaitu karena oleh luka dan berbagai jenis cedera bagian kulit, baik karena luka lecet, panas, goresan dan lain sebagainya yang mana bagian kulit tersebut berwarna berbeda dari yang seharusnya akibat perubahan pigmentasi kulit.

Kulit belang karena luka sebenarnya tidaklah bersifat permanen, kemungkinan besar masih bisa disembuhkan namun tentunya membutuhkan waktu yang lumayan lama.

  1. Perubahan warna kulit akibat faktor lain

Faktor lain penyebab perubahan warna kulit bisa saja terjadi akibat berbagai jenis permasalahan lainnya baik akibat hiperpigmentasi maupun hipopigmentasi.

Penggunaan obat-obatan tertentu dan berbagai penyakit,  seperti jenis obat Minosiklin, atau penyakit addison dan kondisi homokromatis yaitu kondisi kelebihan zat besi didalam tubuh yang mempengaruhi untuk terjadinya hiperpigmentasi.

Sedangkan Hipopigmentasi bisa juga disebabkan oleh beberapa jenis peradangan pada kulit seperti Pityriasis alba pada anak-anak. dan bisa juga akibat infeksi jamur seperti panu dll.

Baca Juga :   5 Manfaat dan Rekomendasi Setting Spray Wajah untuk Make Up Tahan Lama

Cara mencegah terjadinya Kulit Belang-belang

Cara pencegahan kulit belang bisa dilakukan dengan cara selalu menggunakan lotion tabir surya dengan kandungan SPF yang cukup untuk menhindari paparan sinar matahari langsung. karena seperti pembahasan diatas matahari juga ikut mempengaruhinya.

Untuk penyakit belang akibat infeksi jamur dan peradangan kulit lainnya pencegahan bisa dilakukan dengan cara selalu menjaga kebersihan kulit dan melalukan perawatan yang memadai.

Namun khusus untuk penyebab kulit belang akibat faktor Genetis, tidak ada cara mencegah nya, namun sangat dianjurkan agar melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit terdekat.sekalian melakukan berbagai pemeriksaan terkait kondisi kesehatan kulit anda.

Cara Mengobati Penyakit Kulit Belang-Belang

Banyak sekali berbagai jenis cream yang biasa diresepkan oleh dokter spesialis kulit, atau cream yang dijual bebas di apotik untuk mengobati masalah kulit belang yang anda derita. namun pastikan dan konsultasi dan ikuti petunjuk dokter spesialis kulit anda untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Untuk anda yang memilih membeli berbagai jenis cream pengobatan kulit belang yang dijual bebas diapotik-apotik yang tidak berdasarkan resep dokter, maka pastikan untuk mengikuti prosedur dan cara pemakaian jangan sampai berlebihan seperti petunjuk yang ada pada brosur dan lebel obat / cream tersebut untuk mencegah efek samping.

Demikianlah tadi pembahasan seputar Penyebab Kulit Belang, Pencegahan, dan Cara Pengobatannya. Semoga bisa memberikan referensi yang bermanfaat!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here