8 Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Untuk Kecantikan Wajah

0
55

Miss Beauty – Sirih merupakan tanaman asli Indonesia, sirih bisa tumbuh dimanapun di daratan nusantara. Ada setidaknya empat macam jenis sirih yang bisa dijumpai, yaitu sirih hijau, sirih merah, sirih hitam dan sirih kuning.

Selama ini kita mengenal manfaat sirih adalah untuk membersihkan area kewanitaan, membantu menghilangkan bau badan, dan melancarkan haid. Selain itu rendaman daun sirih juga bisa membantu mengatasi permasalahan pada mata, manfaat lainnya dari daun sirih adalah untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

Sirih memiliki kandungan alami antiseptik, antibiotik, anti-inflamasi, anti-oksidan lengkap yang mampu membantu menjaga kesehatan wajah dan kecantikan. Bahkan kandungan anti kanker pada sirih dapat menghentikan aktivitas sel kanker pada kulit sehingga mencegah terjadinya kanker kulit.

Manfaat Daun Sirih

8 Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Untuk Kecantikan Wajah

Di bawah ini adalah berbagai macam Manfaat Daun Sirih dalam menjaga kecantikan dan kesehatan wajah :

  1. Mengobati gatal pada kulit wajah

Gunakan air rebusan daun sirih yang sudah didiamkan selama semalam untuk membasuh kulit wajah yang gatal. Lakukan rutin setiap pagi sampai anda mendapatkan manfaatnya dan rasa gatal hilang.

  1. Mengangkat debu dan kotoran di wajah

Aktivitas diluar rumah menyebabkan wajah kusam akibat debu dan polusi yang menempel pada wajah. Kotoran yang menempel tidak bisa langsung hilang hanya dengan membasuh muka dengan air. Daripada menggunakan sabun wajah yang mengandung bahan kimia, cobalah cara yang lebih aman dengan mencuci wajah dengan air rendaman daun sirih setelah pulang dari kerja atau aktivitas diluar rumah lainnya.

  1. Mengecilkan pori-pori wajah

Pori-pori wajah yang besar memudahkan kotoran dan debu masuk dan menyebabkan berbagai gangguan kulit seperti jerawat dan komedo. Untuk mengecilkan pori-pori wajah, anda bisa menggunakan masker daun sirih tiga kali seminggu. Oleskan tumbukan daun sirih setiap malam menjelang tidur. Diamkan dahulu kurang lebih selama 15 menit, kemudian basuh wajah menggunakan air dingin.

  1. Menyembuhkan peradangan kulit akibat jerawat
Baca Juga :   Rekomendasi Handbody Lotion Best Seller yang Wajib Kamu Coba

Jerawat yang timbul seringkali diikuti dengan kulit sekitar jerawat menjadi merah karena meradang. Cara mudah mengatasinya adalah dengan menumbuk selembar daun sirih. Bubuhkan tumbukan daun sirih tersebut pada area yang meradang. Lakukan rutin sampai jerawat mengering dan radang hilang.

  1. Menghilangkan flek hitam bekas jerawat

Permasalahan jerawat tidak berhenti sampai jerawat sembuh saja, namun hingga jerawat hilangpun setelahnya masih meninggalkan bekas yang mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Daun sirih dipercaya mampu menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Caranya : siapkan beberapa lembar daun sirih, tumbuk hingga halus, campur dengan perasan jeruk nipis. Oleskan merata pada wajah, atau hanya pada bagian yang ada bekas jerawatnya. Diamkan sampai mengering lalu bilas hingga bersih dengan air.

  1. Menghambat dan mencegah perkembangan sel kanker

Setiap orang memiliki resiko terkena kanker kulit, faktor penyebabnya bisa dari banyak hal. Untuk mencegah pergerakan sel kanker pada kulit, anda bisa mencuci muka dengan air rendaman daun sirih setiap malam sebelum tidur.

  1. Mengatasi komedo

Caranya cukup mudah, bersihkan area wajah yang berkomedo. Setelah itu basuh wajah dengan air rebusan daun sirih, lakukan rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal. Selain itu Anda juga dapat memberikan tambahan perasan air jeruk nipis.

  1. Mengencangkan kulit wajah

Setiap malam menjelang tidur, basuhlah wajah anda menggunakan air rendaman daun sirih untuk mendapatkan kulit wajah yang kencang alami. Penggunaan air rendaman daun sirih juga dapat membuat wajah lebih cerah dan segar tanpa harus repot melakukan perawatan ke klinik kecantikan dan mengeluarkan biaya yang tak sedikit.

Nah, banyak sekali Manfaat Daun Sirih tentunya untuk kecantikan wajah seperti 8 khasiat yang di paparkan di atas. Terimakasih telah berkunjung, cukup sekian dan terimakasih.

Baca Juga :   Review bioderma sensibio

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here