Berbagai Jenis Permanen Rambut untuk Membuatnya Lebih Bergelombang

Jenis-jenis perms untuk rambut yang lebih bergelombang saat ini sedang banyak diminati oleh banyak wanita. Dengan menggunakan teknik perawatan rambut ini, Anda bisa menciptakan gaya rambut yang unik dan menarik. Salah satu jenis perms yang populer adalah digital perm, yang membuat rambut lebih bergelombang dan terlihat lebih bervolume. Selain itu, ada juga cold perm dan hot perm, masing-masing memberikan hasil yang berbeda pada rambut. Selengkapnya tentang jenis-jenis perms yang bisa membuat rambut Anda lebih bergelombang, simak artikel ini sampai habis.

1. Perms untuk Rambut Pendek

Perms untuk rambut pendek sangat cocok jika kamu ingin mengubah gaya rambutmu menjadi lebih bergelombang. Kamu bisa memilih gaya pixie perm atau short perm yang akan membuat rambutmu terlihat lebih voluminous.

perms untuk rambut pendek

2. Perms untuk Rambut Sedang

Jika kamu memiliki rambut sedang atau medium, kamu bisa mencoba body perm, spiral perm, dan spot perm. Perms ini akan membuat rambutmu lebih bergelombang secara keseluruhan atau hanya di beberapa bagian tertentu.

perms untuk rambut sedang

3. Perms untuk Rambut Panjang

Bagi kamu yang memiliki rambut panjang, kamu bisa mencoba beach wave perm atau loose wave perm. Kedua jenis perms ini akan memberikan tampilan rambut yang lebih santai dan natural.

perms untuk rambut panjang

4. Beach Wave Perm

Biasa digunakan untuk rambut panjang, beach wave perm akan memberikan tampilan rambut yang seperti gelombang pantai. Rambutmu akan terlihat santai, alami, dan menawan.

beach wave perm

5. Spiral Perm

Spiral perm akan memberikan tampilan rambut yang khas dengan menghasilkan gelombang spiral pada setiap helai rambutmu. Cocok digunakan untuk rambut panjang hingga sedang.

spiral perm

6. Body Perm

Dengan body perm, rambutmu akan terlihat lebih voluminous. Perms ini memberikan efek gelombang yang lebih besar pada bagian tengah rambutmu sehingga rambut tampak lebih penuh.

body perm

7. Spot Perm

Spot perm cocok untuk kamu yang ingin memberikan efek bergelombang hanya pada bagian-bagian tertentu pada rambutmu. Misalnya di bagian bawah rambut atau di bangs.

spot perm

8. Cold Perm

Cold perm menggunakan bahan kimia yang lebih lembut dan tidak memerlukan pemanasan. Perms ini cocok untuk rambut yang tipis dan rusak karena cold perm dapat memberikan nutrisi pada rambut.

cold perm

9. Digital Perm

Perms ini menggunakan alat perangkat digital yang dapat mempermudah proses dan memberikan hasil yang lebih bagus. Digital perm akan memberikan tampilan rambut bergelombang yang terkesan lebih natural.

digital perm

10. Acid Perm

Acid perm menggunakan bahan kimia yang lebih aman serta lebih cocok untuk rambut yang tipis dan lemah. Perms ini akan memberikan tampilan rambut bergelombang yang lebih ringan dengan volume yang pas.

acid perm

Macam-Macam Jenis Perm Rambut

Sesuai namanya, perm atau permanent memang membuat rambut bergelombang secara permanen dan tahan lama. Namun, agar rambut tidak menjadi rusak dan patah akibat proses kimia yang diterapkan, penting untuk memilih jenis perm yang tepat. Berikut adalah jenis-jenis perm rambut yang bisa kamu pilih:

1. Digital Perm
Digital Perm
Digital perm merupakan teknik perming rambut terbaru dan paling populer. Cara ini melibatkan pemanasan rambut menggunakan alat khusus yang disebut “digital perm machine”. Teknik ini cocok bagi kamu yang ingin mendapatkan rambut bergelombang dengan tekstur yang lembut dan natural.

2. Cold Perm
Cold Perm
Bedanya dengan digital perm, teknik cold perm ini melibatkan bahan perming yang dingin. Cara ini lebih cocok untuk rambut yang tipis dan lemah, karena prosesnya lebih tidak agresif dan tidak merusak rambut.

3. Alkaline Perm
Alkaline Perm
Biasanya menggunakan bahan perming dengan kandungan pH tinggi, teknik alkaline perm ini memberikan hasil yang tahan lama dan cocok untuk rambut tebal. Namun, risiko kerusakan rambut juga lebih besar karena bahan kimia yang digunakan lebih kuat.

4. Acid Perm
Acid Perm
Sama seperti alkaline perm, teknik acid perm menggunakan bahan perming dengan pH rendah sehingga lebih aman dan ramah pada rambut. Cocok untuk rambut yang sensitif dan tipis karena memberikan hasil yang lembut dan tidak rusak.

5. Hot Perm
Hot Perm
Teknik ini menggunakan suhu panas untuk merubah bentuk rambut. Cocok untuk kamu yang ingin mendapatkan rambut bergelombang yang tahan lama dan tidak mudah rusak. Namun, risiko kerusakan rambut juga lebih besar jika tidak dilakukan dengan benar.

6. American Wave Perm
American Wave Perm
Teknik american wave perm ini cocok untuk kamu yang ingin mendapatkan rambut bergelombang dengan tekstur yang lebih kriuk dan cantik. Teknik ini lebih fleksibel dan bisa disesuaikan dengan bentuk rambut alami.

7. Root Perming
Root Perming
Teknik root perming fokus pada keritingan rambut di sekitar akar rambut. Cocok untuk kamu yang ingin mendapatkan volume rambut di bagian atas, menjadikan rambut lebih tebal dan berisi.

8. Spiral Perm
Spiral Perm
Sama seperti namanya, teknik ini memberikan hasil keriting rambut dengan bentuk spiral. Cocok untuk kamu yang ingin tampil lebih quirky dan percaya diri.

9. Pin Curl Perm
Pin Curl Perm
Teknik pin curl perm ini melibatkan penggunaan jari-jari sebagai alat untuk membentuk rambut menjadi keriting. Teknik ini memberikan hasil yang lebih natural, cocok untuk kamu yang ingin tetap tampil simpel.

10. Stack Perm
Stack Perm
Teknik perm yang memberikan efek keriting bertumpuk ini cocok untuk kamu yang menginginkan rambut bergaya voluminous, tapi tidak terlihat berlebihan. Teknik ini juga cocok untuk rambut pendek dan tebal.

Pilihan Perm yang Cocok untuk Rambut Bergelombang

Adakah Jenis-jenis perm yang cocok untuk rambut yang lebih bergelombang? Tentu saja! Ada berbagai jenis perm yang dapat mengubah rambut bergelombang menjadi lebih halus, bervolume, dan tampak lebih menarik. Berikut ini adalah beberapa pilihan jenis perm yang disarankan untukmu yang ingin mengubah kesan rambut bergelombangmu:

1. Classic Perm

Classic Perm

Classic Perm adalah jenis perm yang sangat populer dan paling umum dilakukan untuk rambut bergelombang. Perm ini menggunakan teknik wrapping rambut di sekitar roller, kemudian disiram dengan larutan kimia Hidrogen dan Thioglycolate. Setelah jangka waktu tertentu, roller dapat dilepas dan rambut di blow dry hingga benar-benar kering. Hasilnya bisa membuat rambut lebih halus dan lentur. Namun, ketebalan rambut dan tekstur asli harus dipertimbangkan sebelum melakukan jenis perm ini.

2. Body Wave Perm

Body Wave Perm

Body Wave Perm adalah perm setengah permanen yang dapat membuat rambut Anda tampak bervolume dan bergelombang. Perm ini menggunakan kombinasi gulungan vertikal dan horizontal di sekitar roller, kemudian disiram dengan larutan kimia yang membangkitkan timbulnya tekstur ikal pada rambut. Hasilnya adalah rambut yang tampak lebih penuh dan bergerak dengan lembut. Tapi ingat, jangan melakukan jenis perm ini terlalu sering untuk mencegah kerusakan pada rambut.

3. Digital Perm

Digital Perm

Digital Perm menghasilkan tekstur keriting yang lebih modern dan alami pada rambut yang bergelombang. Perm ini dilakukan dengan arus listrik digital yang menstimulasi rambut untuk membentuk dan membentuk kembali tekstur bergelombang menjadi keriting yang terdefinisi dengan baik. Hasilnya adalah tidak hanya rambut menjadi lebih halus dan bervolume, tetapi juga memberikan bentuk keriting yang cukup alami sehingga dapat bertahan cukup lama.

4. Spiral Perm

Spiral Perm

Spiral perm biasanya digunakan untuk rambut panjang dan menghasilkan keriting spiral yang elegan pada rambut. Perm ini menggunakan gulungan vertikal di sekitar roller yang dirancang untuk membuat keriting yang lebih ramping pada setiap gumpalan rambut. Hasil dari jenis perm ini adalah rambut yang terlihat lebih keren, bervolume, dan mempunyai bentuk yang sempurna.

5. Beach Wave Perm

Beach Wave Perm

Beach Wave Perm kini menjadi trend dalam dunia hairstyling karena menciptakan tampilan rambut pantai yang natural dan lagi tren. Rambut anda akan di wash menggunakan shampo khusus, kemudian diaplikasikan pengembang rambut dan ditinggal sebentar. Setelah itu rambut akan dicatok dengan suhu yang lebih rendah sehingga menimbulkan gelombang yang lebih natural dibanding menggunakan pengembang khusus. Hasilnya sangat mendekati gaya rambut yang sering dilihat pada bintang Hollywood.

Berbagai jenis perm di atas dapat menjadi pilihan untuk merubah tampilan rambut yang bergelombang menjadi lebih menarik dan bervolume. Meskipun memberikan hasil yang ciamik tetap diperlukan berhati-hati dalam memberikan perm pada rambut, harap dapat melindungi rambut dari kerusakan yang uneg-unegnya dapat terjadi.

Jenis Perm Kelebihan Kekurangan
Classic Perm Memberikan hasil natural. Membuat rambut menjadi lebih tipis (terutama jika rambut sudah tipis sebelum melakukan perm).
Body Wave Perm Memberikan volume dan tekstur pada rambut. Lebih sulit diatur jika rambut terlalu tipis atau rusak.
Digital Perm Mampu memberikan hasil yang tahan untuk jangka waktu yang lebih lama dari jenis perm lainnya. Lebih mahal dibandingkan dengan jenis perm lainnya.
Spiral Perm Memberikan keriting yang ramping dan elegan pada rambut yang panjang. Lebih sulit dibentuk pada rambut yang tipis dan pendek.
Beach Wave Perm Memberikan hasil natural dan kekinian. Dapat membuat rambut menjadi kering atau rusak jika tidak dirawat secara baik dan benar.

Untuk mendapat tampilan rambut yang lebih bergelombang, pelajari dulu jenis-jenis perms yang dapat digunakan pada rambut Anda. Agar hasilnya memuaskan dan tidak merusak rambut.

Terima Kasih Telah Membaca!

Sekarang kamu sudah tahu jenis-jenis perms untuk rambut yang lebih bergelombang. Kami berharap artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin mencoba bergaya rambut yang lebih berbeda. Jangan lupa untuk mampir ke situs kami lagi untuk mendapatkan tips-tips styling dan kecantikan lainnya yang pasti bikin kamu lebih cantik lagi. Sampai jumpa di artikel kami selanjutnya!

Leave a Comment