Jenis-Jenis Ikat Rambut yang Harus Kamu Tahu

Pernakah Anda merasa bosan dengan gaya rambut yang sama setiap hari? Mungkin saatnya untuk menambahkan sedikit variasi dalam penampilan Anda. Salah satu cara yang mudah dan efektif adalah dengan mengenakan jenis ikat rambut yang berbeda. Tidak hanya membuatmu terlihat lebih menarik, tetapi juga membantu menghemat waktu saat menata rambut dalam situasi terburu-buru. Namun, ada begitu banyak pilihan ikat rambut di pasar sehingga mungkin sulit untuk memilih jenis yang tepat untuk Anda. Oleh karena itu, mari kita jelajahi beberapa jenis ikat rambut populer yang bisa Anda pilih.

Jenis Ikatan Rambut Pertama: Poni

Ikatan rambut yang pertama ini adalah poni atau dulu kita kenal dengan sebutan ponies. Teknik ikat rambut ini sangat populer di kalangan perempuan karena sangat mudah untuk dikenakan dan memberikan tampilan yang lucu. Poni dapat dipadukan dengan berbagai model rambut seperti rambut lurus, bergelombang, atau keriting.

Untuk memperoleh poni yang rapi, gunakan sisir rapi dan jangan lupa untuk memotong ujung rambut yang menonjol. Dalam mengikatnya, pastikan poni tidak terlalu ketat agar tidak merusak rambut dan kulit kepala dengan menyeimbangkan antara kencangan dan kekencangan.

poni ikat rambut

Jenis Ikatan Rambut Kedua: Kuncir Biasa

Ikatan rambut yang kedua adalah kuncir biasa atau pun disebut juga dengan ponytail. Teknik ini membutuhkan sedikit kerja keras dengan mengumpulkan rambut pada bagian atas kepala dan mengikatnya dengan karet gelang. Kuncir biasa merupakan pilihan yang tepat jika kamu ingin rambutmu terlihat simpel dan rapi saat beraktivitas.

Agar kunciran rambutmu terlihat lebih menarik dan berbeda dari yang lain, kamu bisa menambahkan aksesori rambut seperti pita satin atau jepitan rambut pita berukuran kecil. Kamu bisa memilih bentuk aksesori rambut yang sesuai dengan kepribadianmu.

kuncir biasa ikat rambut

Jenis Ikatan Rambut Ketiga: Kuncir Tertinggi

Ikatan rambut yang ketiga adalah kuncir tertinggi atau pun disebut dengan ballerina bun. Teknik ikatan rambut ini sering digunakan oleh para penari balet untuk menahan rambutnya yang panjang saat menari agar rambut tidak mengganggu gerakan tubuh.

Untuk membuat kuncir ini, kumpulkan rambut di atas kepala kamu seperti merapikan rambut pada umumnya, namun jangan mengikatnya terlebih dahulu. Setelah rambut terkumpul, buat kunciran pada bagian yang sudah terkumpul. Untuk rambut yang terlihat mengembang, semprotkan hairspray untuk tampilan rambut yang lebih rapi.

kuncir tertinggi ikat rambut

Jenis Ikatan Rambut Keempat: Kuncir Ikat

Ikatan rambut yang keempat adalah kuncir ikat atau pun disebut top knot. Teknik ini lebih populer di kalangan perempuan dengan rambut panjang dan tebal yang ingin terlihat rapi tetapi tidak ingin terganggu pada aktivitasnya. Kuncir ikat dapat digunakan pada kesempatan formal maupun kasual.

Untuk membuat kuncir ikat, kumpulkan rambutmu seperti pada teknik kuncir biasa lalu gulung rambutmu hingga membentuk ikatan yang solid. Setelah memperoleh ikatan yang ideal, semprotkan hairspray agar tampilannya lebih rapi dan tahan lebih lama.

kuncir ikat ikat rambut

Jenis Ikatan Rambut Kelima: Kuncir French

Ikatan rambut yang kelima adalah kuncir French. Teknik ikatan rambut ini sempat populer di awal tahun 2000-an. Kuncir French memiliki tampilan yang elegan dan sering digunakan sebagai ikatan rambut pada acara-acara formal.

Untuk membuat kuncir French, pisahkan rambutmu menjadi dua bagian. Tarik rambut ke kedua bagian sambil tidak lupa menambahkan rambut tambahan pada setiap tarikan. Setelah kedua sisi rambut terikat rapat, lanjut dengan teknik kuncir biasa.

kuncir french ikat rambut

Jenis Ikatan Rambut Keenam: Kuncir Dua Bagian

Ikatan rambut yang keenam adalah kuncir dua bagian atau pun disebut dengan double ponytail. Teknik ini cukup simpel, kamu hanya perlu membagi rambutmu menjadi dua bagian dan mengikatnya dengan karet gelang.

Teknik kuncir dua bagian cocok untuk kamu yang ingin memberikan kesan rambut kamu lebih tebal dan ekstra volume. Kamu juga bisa menambahkan aksesori rambut seperti pita atau headband sehingga tampilan rambutmu lebih berwarna.

kuncir dua bagian ikat rambut

Jenis Ikatan Rambut Ketujuh: Sleek Ponytail

Ikatan rambut yang ketujuh adalah slek ponytail. Teknik ini sangat sering digunakan di atas panggung atau pun pada acara-acara formal karena tampilannya yang neat dan sederhana.

Untuk memperoleh tampilan yang slick, sisir rambutmu secara merata dari akar sampai ke ujung rambut, semprotkan hairspray pada rambutmu sebelum kamu ikat rambutmu dengan karet gelang. Pastikan rambutmu terikat tepat di bawah kepala dan terlihat rapi.

sleek ponytail ikat rambut

Jenis Ikatan Rambut Kedelapan: Fish-Tail Braid

Ikatan rambut yang kedelapan adalah fish-tail braid atau pun disebut dengan kuncir ikan. Teknik ini terlihat unik dan berbeda dari teknik ikatan rambut lainnya. Kuncir ikan bisa menjadi pilihan yang tepat ketika kamu ingin terlihat berbeda pada momen-momen tertentu.

Untuk memulai teknik ini, pisahkan rambutmu menjadi dua bagian yang sama besar. Kemudian, ambil sepotong kecil rambut pada sisi luar dari salah satu bagian. Tarik potongan kecil itu ke dalam bagian lainnya. Lakukan terus sampai rambutmu terikat dengan rapi.

fish-tail braid ikat rambut

Jenis Ikatan Rambut Kesembilan: Dutch Braid

Ikatan rambut yang kesembilan adalah Dutch braid. Teknik ini sangat populer di kalangan perempuan karena tampilannya yang unik dan disukai oleh mereka yang memiliki rambut panjang.

Untuk memulai teknik Dutch braid, bagi rambutmu menjadi tiga bagian seperti teknik kuncir French pada awalnya. Namun, bedanya bagian yang terletak di tengah harus di bawah bagian yang ada di kiri dan kanan. Mulailah menenun seperti pada kuncir biasa, namun sambil menambahkan rambut dari bawah kepala pada setiap tarikan. Setelah tampilan yang diinginkan tercapai, kamu bisa mengikat ujung rambutmu dengan karet gelang.

dutch braid ikat rambut

Jenis Ikatan Rambut Kesepuluh: French Twist

Ikatan rambut yang kesepuluh adalah French twist. Teknik ini sangat terkenal di antara perempuan yang ingin terlihat elegan dan anggun yang cocok dipakai ke acara-acara formal seperti resepsi pernikahan dan bertemu klien.

Cara membuat French twist cukup mudah. Mulailah dengan menyisir rambutmu ke belakang dan ikat dengan karet gelang. Lalu tekuk ke arah kiri dan tahan dengan jari. Dengan melipat sisi rambut ke bagian bawah dan memberikan sedikit gaya, pastikan rambutmu terikat erat dengan pin dan semprotkan hairspray.

french twist ikat rambut

Jenis-Jenis Ikat Rambut

Ikat rambut adalah sebuah aksesori yang sering digunakan oleh wanita untuk menunjang penampilannya. Ada berbagai macam jenis ikat rambut yang dapat digunakan sesuai dengan selera dan kebutuhan masing-masing. Berikut adalah beberapa jenis ikat rambut yang populer dan sering digunakan.

1.

Ponytail

Ponytail adalah jenis ikat rambut yang mudah, simpel dan praktis digunakan. Ikat rambut ini juga dapat memberikan kesan kasual tapi tetap terlihat stylish. Karena penggunaannya yang sederhana, ponytail biasanya menjadi pilihan yang sering digunakan oleh para wanita saat beraktivitas sehari-hari.

ponytail

2.

Braid

Braid adalah tatanan rambut yang terbentuk dari tiga atau lebih helai rambut yang dikepang menjadi satu. Jenis ikat rambut ini memberikan tampilan yang elegan sekaligus romantis. Braid biasanya dipilih untuk tampilan yang lebih formal seperti pesta atau acara pernikahan.

braid

3.

Bun

Bun adalah tatanan rambut yang dibuat dengan cara merapikan rambut kemudian diikat membentuk bentuk seperti bola di bagian belakang kepala. Jenis ikat rambut ini sangat cocok digunakan untuk kegiatan formal seperti pesta atau acara pernikahan.

bun

4.

Half up Half down

Half up Half down adalah jenis ikat rambut yang sedang populer saat ini. Tatanan rambut ini menggabungkan gaya berambut terurai dan diikat pada bagian atas kepala sehingga memberikan tampilan yang kasual dan modis.

half up half down

5.

Pigtails

Pigtails adalah ikatan rambut yang dibuat dengan cara membagi rambut menjadi dua bagian dan diikat ke belakang kepala. Jenis ikat rambut ini seringkali digunakan oleh anak-anak tetapi juga cocok digunakan oleh dewasa untuk tampilan yang cute dan playful.

pigtails

6.

French Twist

French Twist adalah jenis ikat rambut yang dibuat dengan cara memundurkan rambut kemudian diikat dan dilipat ke dalam sehingga membentuk tampilan di bagian belakang kepala yang lebih dramatis dan elegan.

french twist

7.

Top Knot

Top Knot adalah ikat rambut yang dibuat dengan cara merapikan rambut kemudian diikat membentuk bola di bagian atas kepala. Jenis ikat rambut ini cocok digunakan untuk tampilan yang santai dan kasual.

top knot

8.

Chignon

Chignon adalah jenis ikat rambut yang memadukan French Twist dan Bun. Tatanan rambut ini memberikan tampilan yang elegan dan cocok digunakan untuk acara formal seperti pesta atau pernikahan.

chignon

9.

Rope Braid

Rope Braid adalah tatanan rambut dengan cara mengikat rambut kecil menjadi satu dengan putaran spiral sehingga membentuk tampilan ikatan yang unik dan menarik.

rope braid

10.

High Ponytail

High Ponytail adalah ikatan rambut yang membentuk ekor kuda pada bagian atas kepala sehingga memberikan tampilan yang segar dan modis. Jenis ikat rambut ini cocok digunakan untuk kegiatan yang santai sekaligus memberikan tampilan yang trendy.

high ponytail

Itulah beberapa jenis ikat rambut yang bisa anda gunakan untuk menambah gaya penampilan anda. Tentukan gaya dan jenis yang sesuai dengan acara atau kegiatan yang akan anda hadiri agar tampilan anda lebih maksimal dan menawan.

Jenis-jenis Ikat Rambut yang Populer

Half Up Half Down Hairdo

Setiap perempuan pasti memiliki gaya rambut yang berbeda-beda. Salah satu cara untuk mempercantik penampilan adalah dengan mengikat rambut. Ada banyak sekali jenis ikat rambut yang dapat diterapkan, mulai dari yang simpel hingga yang kompleks.

1. Kuncir Biasa

Kuncir Biasa

Jenis ikat rambut yang pertama adalah kuncir biasa. Gaya ini termasuk yang paling simpel dan sering dipakai oleh banyak orang. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menarik seluruh rambut ke belakang dan kemudian diikat dengan karet gelang.

Kelebihan Kekurangan
Cepat dan simpel Mudah kendur dan cepat kusut

2. Kuncir Sanggul

Kuncir Sanggul

Kuncir sanggul adalah jenis ikat rambut yang biasa digunakan untuk acara formal atau pergi ke pesta. Caranya juga cukup simpel, yaitu dengan mengikat rambut ke belakang, membuat untaian dan membentuk sanggul. Sanggul dapat diatur sesuai dengan keinginan agar terlihat cantik dan sesuai dengan bentuk wajah.

Kelebihan Kekurangan
Lebih rapi dan cantik Membutuhkan waktu lebih lama

3. Rambut Terurai

Rambut Terurai

Gaya ikat rambut yang satu ini cukup simpel dan sederhana, yaitu dengan menurunkan rambut ke bawah dan membiarkan terurai. Kamu bisa memberi aksesori seperti headband atau pita untuk mempercantik penampilan.

Kelebihan Kekurangan
Tidak perlu waktu lama untuk membuatnya Tidak cocok untuk cuaca panas

4. Panjang Samping

Panjang Samping

Jenis ikat rambut yang satu ini cocok bagi kamu yang punya rambut yang tebal dan panjang. Caranya cukup simpel, yaitu dengan memasukkan rambut dari samping ke belakang dan diikat dengan karet gelang.

Kelebihan Kekurangan
Cocok bagi rambut tebal dan panjang Tidak cocok bagi rambut tipis dan pendek

5. Pola Ikar

Pola Ikat

Jenis ikat rambut yang terakhir adalah pola ikat. Kamu bisa menukar kuncir biasa dengan pola yang dapat membuat rambut terlihat lebih bervariasi. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan tutorial makeup di internet atau dari ahlinya.

Kelebihan Kekurangan
Terlihat berbeda Memerlukan waktu dan usaha ekstra

Nah, itu dia lima jenis ikat rambut yang populer dan umum digunakan banyak orang. Kamu bisa memilih salah satu sesuai dengan selera dan kebutuhanmu. Jangan lupa, untuk mendapatkan penampilan yang sempurna, pastikan juga bahwa rambutmu sehat dan terawat dengan baik dengan teknik perawatan yang tepat.

Sayangnya, tidak ada daftar jenis ikat rambut yang bisa saya gunakan sebagai tautan.

Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Tentang Jenis Ikat Rambut

Itu dia beberapa jenis ikat rambut yang bisa Anda coba untuk mempercantik penampilan Anda. Tentunya, ikat rambut tidak hanya berguna untuk mempercantik penampilan, namun juga bisa digunakan untuk menjaga rambut Anda agar tetap tertata rapi selama aktivitas sehari-hari. Jangan lupa untuk mencoba ikat rambut yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya!

Leave a Comment