Cara Mudah Merubah Word ke PDF di HP Tanpa Aplikasi

Jika Anda sering bekerja dengan dokumen dan pernah mencoba mengubah file Microsoft Word menjadi format PDF di HP Anda, pasti tidak asing dengan aplikasi pengubah PDF seperti Adobe Acrobat dan sejenisnya. Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya ada cara mudah dan praktis untuk mengubah format Word menjadi PDF tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan di perangkat Anda? Di artikel ini, kami akan membagikan cara mengubah Word ke PDF di HP tanpa aplikasi yang mudah untuk diterapkan, sehingga Anda bisa melakukan konversi file dengan mudah kapan saja dan di mana saja.

Cara Mengubah Word Ke Pdf di HP Tanpa Aplikasi yang Mudah Dipraktikkan

Setelah memperkenalkan cara mudah mengubah dokumen Word ke format PDF pada ponsel, mari kita lihat lebih dekat cara melakukan ini tanpa aplikasi tambahan. Berikut ini adalah 10 sub judul penting untuk membantu Anda mempraktikannya dengan mudah.

1. Konversi Langsung

Metode pertama untuk mengonversi dokumen Word ke format PDF pada ponsel Anda adalah dengan menggunakan fitur konversi langsung. Hampir semua perangkat modern, termasuk HP, telah memasukkan fitur ini. Cukup buka dokumen Word yang ingin Anda konversi, dan pilih opsi “Bagikan” atau “Share”. Kemudian pilih opsi “Cetak” dan setelah itu, ubah dalam format PDF.

2. Menggunakan Microsoft Word

Sekarang, pengguna Android bisa mengedit dokumen Word menggunakan aplikasi Microsoft Word. Pada aplikasi ini, pengguna hanya perlu menyimpan dokumen Word sebagai format PDF dengan cara yang sama seperti PC. Namun, mungkin sedikit sulit bagi pengguna yang tidak terbiasa dengan aplikasi ini.

3. Menggunakan Google Docs

Google Docs juga sangat berguna bagi pengguna yang ingin mengonversi dokumen Word ke PDF. Layanan gratis ini memungkinkan pengguna menambahkan semua jenis file dan kemudian konversi ke PDF dengan mudah.

4. Aksesibilitas Dropbox

Berkat aksesibilitas Dropbox, pengguna juga bisa mengonversi dari Word ke PDF secara mudah. Antarmuka yang mudah digunakan dan ramah pengguna memudahkan pengguna untuk memilih dokumen yang akan dikonversi dan mengonfersikannya ke format PDF.

5. Menggunakan Email Pengiriman

Layanan email pengiriman adalah salah satu metode yang cukup sederhana untuk mengonversi dokumen Word ke PDF. Pengguna hanya perlu mengirimkan file yang ingin diubah ke dalam format PDF menggunakan layanan email.

6. Menggunakan Adobe Acrobat

Adobe Acrobat selalu menjadi pilihan yang populer bagi pengguna yang ingin mengonversi dokumen Word ke PDF. Aplikasi ini juga sangat mobile-friendly dan memungkinkan pengguna mengonversi berbagai jenis file, termasuk dokumen Word ke PDF.

7. Fitur Konversi Online

Pilihan terakhir untuk mengonversi Word ke PDF pada ponsel Anda adalah dengan menggunakan fitur konversi online. Layanan seperti SmallPDF dan PDFConverter.com memungkinkan pengguna untuk mengonversi dokumen Word ke format PDF secara online dengan mudah.

8. Pilih Layanan Terbaik

Ada banyak aplikasi dan layanan yang tersedia untuk mengonversi dokumen Word ke PDF pada ponsel, sehingga sangat penting untuk memilih layanan terbaik yang cocok dengan kebutuhan Anda.

9. Memilih Format PDF

Penting untuk memilih format PDF yang tepat saat mengonversi dokumen Word ke format PDF. Beberapa format PDF mencakup PDF/A, PDF/X dan PDF/VT. Pastikan untuk memilih format yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. Periksa Hasil Konversi Anda

Setelah Anda mengonversi dokumen Word ke format PDF, penting untuk selalu memeriksa hasil akhirnya. Kadang-kadang, konversi bisa mengubah format dokumen Anda dengan cara yang tidak Anda inginkan, sehingga sangat penting memeriksa kualitas dan kemudahan penggunaan format PDF barunya.

Itulah 10 cara mudah untuk mengonversi dokumen Word ke format PDF pada ponsel Anda tanpa menggunakan aplikasi tambahan, semoga informasi ini membantu Anda melakukan tugas ini dengan mudah.

10 Cara Mudah Mengubah Word ke PDF di HP Tanpa Aplikasi

Mengubah dokumen Word menjadi format PDF merupakan hal yang sering dilakukan. Namun, beberapa pengguna sering mengalami kesulitan dalam menggunakan aplikasi khusus untuk mengubah format dokumen ini.

Bagi kamu yang saat ini mengalami kesulitan dalam mengubah dokumen Word menjadi PDF, kamu tidak perlu khawatir karena kali ini kami akan memberikanmu 10 cara mudah untuk mengubah dokumen Word ke PDF di HP tanpa menggunakan aplikasi yang rumit. Berikut adalah 10 caranya:

1. Gunakan Fitur Ekspor Dokumen

Fitur ini biasanya tersedia pada aplikasi Word di beberapa ponsel. Cukup buka aplikasi Word, pilih dokumen yang ingin diubah, lalu tekan ikon ‘ekspor’ di bagian atas layar dan pilih Transform To PDF’.

Setelah itu kamu bisa mengatur nama file dan lokasi penyimpanannya. Dokumen Wordmu telah berhasil diubah menjadi format PDF dengan mudah.

2. Gunakan Kompresor Online

Kompresor online seperti ‘Smallpdf’ dapat mengubah dokumen Word ke PDF dengan mudah dan gratis. Kamu hanya perlu mengunjungi situs web Smallpdf, lalu pilih ‘Word to PDF’. Lalu masukkan dokumen Wordmu dan klik tombol ‘Ubah Sekarang’. Setelah itu, kamu bisa mengunduh dokumen PDF yang telah diubah.

3. Gunakan Layanan Email

Memiliki akun email dapat membantumu dalam mengubah dokumen Word ke PDF. Kamu hanya perlu mengirimkan dokumen Wordmu melalui email, lalu konversi akan dilakukan secara otomatis. Setelah konversi selesai, Hasilnya akan dikirimkan kembali ke email yang kamu gunakan.

4. Gunakan Google Drive

Google Drive merupakan aplikasi cloud yang populer digunakan untuk menyimpan dan berbagi dokumen. Kamu bisa mengubah dokumen Word ke PDF dengan meletakkannya pada folder Google Drive dan mengekspornya sebagai PDF.

Caranya sangat mudah, cukup buka Google Drive di ponselmu, lalu pilih dokumen Word yang ingin diubah. Klik kanan pada dokumen tersebut, lalu pilih ‘Kirim ke’ dan ‘Transform To PDF’. Dokumen Wordmu akan segera diubah menjadi PDF.

5. Gunakan Aplikasi Pembaca PDF

Sebagian aplikasi pembaca PDF memiliki fitur ‘Pencetak PDF’ yang bisa digunakan untuk mentransformasikan dokumen Word ke PDF. Kamu hanya perlu membuka aplikasi PDF, lalu pilih ‘Ciutkan’ dan ‘Pencetak PDF’. Pilih dokumen Wordmu, lalu tekan ‘Ubah’.

6. Gunakan Microsoft Office Online

Microsoft Office Online memiliki fitur untuk mengubah dokumen Word ke PDF. Kamu hanya perlu mengakses situs web Microsoft Office Online, lalu pilih aplikasi ‘Word’. Pilih dokumen Wordmu, lalu pilih ‘Beranda’ dan ‘Ekspor’. Setelah itu, silakan atur nama dan lokasi penyimpanan. Dokumen Wordmu telah berhasil diubah menjadi PDF.

7. Ubah dan Sambungkan dengan Aplikasi Tambahan

Beberapa aplikasi pihak ketiga seperti ‘PDF Merger’ dan ‘PDF Splitter and Merger’ juga dapat membantumu dalam mengubah dokumen Word ke PDF. Aplikasi ini memiliki fitur untuk membagi dan menjalin beberapa file PDF.

8. Gunakan Aplikasi Pembuat PDF

Beberapa aplikasi seperti ‘Adobe Acrobat DC’ juga memiliki fitur untuk mengubah dokumen Word ke PDF. Kamu bisa memasukkan dokumen Word yang akan diubah, lalu aplikasi akan secara otomatis mengkonversinya ke PDF.

9. Cetak ke PDF

Ketika kamu ingin mencetak dokumen Word di HP, kamu bisa menggunakan opsi ‘Print to PDF’ untuk mengubahnya menjadi format PDF. Caranya sangat mudah, cukup pilih ‘Print to PDF’ saat mencetak dokumen Wordmu, lalu atur nama dan lokasi penyimpanan.

10. Gunakan OCR

OCR (Optical Character Recognition) adalah layanan yang dapat mentransformasikan gambar atau foto teks ke dalam dokumen berformat Word atau PDF. Kamu hanya perlu menjepret dokumen Wordmu, lalu pilih ‘OCRing’. Setelah itu, aplikasi akan melakukan konversi dan dokumen Wordmu telah berhasil diubah menjadi PDF.

Nah, itulah 10 cara mudah untuk mengubah dokumen Word ke PDF di HP tanpa menggunakan aplikasi yang rumit. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari alternatif cara lain dalam mengubah format dokumen.

3. Metode Konversi Word ke PDF di HP Tanpa Aplikasi

1. Print ke File PDF

Metode pertama tanpa menggunakan aplikasi adalah dengan melakukan print ke file PDF. Cara ini bisa dilakukan jika Hp Android Anda memiliki fitur print, tetapi banyak yang tidak tahu fitur ini tersembunyi di Hp-nya. Cara melakukan print ke PDF caranya yaitu, buka dokumen Word Anda lalu klik tombol Print. Setelah itu akan muncul opsi untuk memilih Printer, pilih “Save as PDF” lalu klik Print. Selanjutnya, pilih lokasi penyimpanan file PDF pada Hp Anda.

2. Konversi Online

Cara kedua untuk mengubah file Word ke PDF di Hp tanpa aplikasi adalah dengan memanfaatkan situs web konversi online. Ada banyak situs web yang menyediakan layanan konversi gratis dan mudah digunakan. Berikut ini adalah beberapa situs web konversi online yang bisa Anda coba:

Situs Web Kelebihan Kekurangan
SmallPDF – Gratis
– Tidak diperlukan registrasi
– Tidak ada batasan ukuran file
– Butuh koneksi internet yang stabil
– Iklan yang mengganggu
– Kualitas hasil konversi tidak terlalu baik
IlovePDF – Gratis
– Tidak diperlukan registrasi
– Banyak fitur tambahan
– Butuh koneksi internet yang stabil
– Iklan yang mengganggu
– Batasan ukuran file 100 MB
Zamzar – Gratis
– Tidak diperlukan registrasi
– Support banyak format file
– Butuh koneksi internet yang stabil
– Iklan yang mengganggu
– Batasan ukuran file 50 MB

3. Kirim Email dengan Attachment

Jika Anda tidak ingin menggunakan situs web konversi online, Anda juga bisa mengirim email dengan attachment file Word Anda yang akan dikonversi menjadi PDF. Caranya adalah buka aplikasi email pada Hp Anda, lalu buat pesan baru. Selanjutnya, lampirkan file Word yang ingin dikonversi ke PDF lalu kirim email tersebut ke alamat email Anda sendiri. Buka email tersebut di Hp Anda, lalu unduh file Word yang telah Anda kirimkan. Setelah itu, buka file Word tersebut dan klik “Save as”, lalu pilih “PDF” sebagai format file yang diinginkan.

4. Gunakan Fitur Chrome

Google Chrome memiliki fitur built-in untuk mengkonversi file Word ke PDF. Caranya, buka dokumen Word Anda dengan menggunakan Google Chrome, lalu klik opsi Print. Pilih opsi “Print to PDF” dan atur preferensi yang Anda inginkan, lalu klik Print. Dokumen Anda akan dikonversi dan tersimpan dalam format PDF.

5. Gunakan Google Drive

Metode terakhir yang bisa Anda gunakan adalah dengan mengubah file Word Anda menjadi PDF menggunakan Google Drive. Caranya, upload file Word yang ingin Anda konversi ke akun Google Drive Anda, lalu buka file tersebut dan klik opsi “File” di pojok kiri atas layar. Pilih “Download” lalu pilih format “PDF Document”. File Anda akan terunduh dalam format PDF dan siap digunakan.

Nah, itulah beberapa metode yang bisa Anda gunakan untuk mengubah file Word ke PDF di Hp tanpa aplikasi. Pilihlah metode yang paling mudah dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mengubah dokumen dari Word ke PDF tidak harus menggunakan aplikasi mahal, karena ada cara mudah yang bisa kamu praktikkan dengan bantuan konversi online yang tersedia secara gratis.

Sampai Jumpa Lagi, Sobat!

Semoga artikel tentang cara mengubah Word ke PDF di HP tanpa aplikasi yang mudah dipraktikkan ini bermanfaat bagi Anda. Dengan melakukan langkah-langkah yang sudah dijelaskan, membuat file PDF dari dokumen Word menjadi hal yang mudah dilakukan. Terima kasih sudah membaca artikel kami dan jangan lupa untuk berkunjung kembali ke situs kami untuk informasi-informasi menarik lainnya. Semoga hari Anda menyenangkan!

Leave a Comment