Cara Merawat Rambut Yang Diwarnai Agar Tidak Rusak Secara Alami

0
29

Cara Merawat Rambut Yang Diwarnai Agar Tidak Rusak Secara AlamiMerawat rambut yang diwarnai adalah hal penting yang harus Anda lakukan karena umumnya bahan kimia yang ada pada cat rambut selalu memiliki potensi untuk membuat rambut menjadi tidak sehat. Indikator ketidak sehatan rambut ini beberapa diantaranya adalah rambu menjadi kering dan menjadi lebih mudah rontok.

Cara Merawat Rambut Yang Diwarnai

Cara Merawat Rambut Yang Diwarnai Agar Tidak Rusak

Nah, dalam rangka melakukan perawatan rambut yang diwarnai, kita harus mengetahui terlebih dahulu cara merawat rambut diwarnai supaya kita benar-benar melakukan perawatan yang benar. Mengapa? Karena rambut yang diwarnai ini membutuhkan perawatan khusus yang pastinya berbeda dengan yang biasanya, sehingga bukan hanya rambut sehat saja yang bisa dicapai tetapi warnanya juga bisa tahan lama supaya Anda tidak perlu melakukan pengecatan berulang-ulang.

Nah, fokus pembahasan tulisan kami kali ini adalah mengenai cara merawat rambut yang diwarnai agar tidak rusak secara alami yang memang kami dedikasikan untuk Anda yang suka mewarnai rambut tetapi masih belum mengetahui betul cara perawatannya. Adapun cara merawat rambut yang diwarnai ini bisa Anda lihat di bawah ini.

Cara merawat rambut yang diwarnai agar tidak rusak

Cara merawat rambut yang diwarnai agar tidak rusak yang pertama adalah keramas dengan menggunakan air dingin. Jika selama ini Anda terbiasa keramas dengan menggunakan air panas, segera rubah kebiasaan Anda tersebut. Mengapa? Karena air panas ini bisa mengurangi kelembaban rambut dan juga bisa memperlebar kutikula rambut sehingga rambut lebih rentan untuk mengalami kerusakan. Tak hanya itu, air panas juga akan cenderung membuat warna yang Anda aplikasikan pada rambut juga menjadi pudar.

Cara merawat rambut yang diwarnai secara alami yang kedua adalah dengan memberikan nutrisi pada rambut. Jadi, bukan hanya tubuh saja yang membutuhkan nutrisi untuk tetap sehat, tetapi rambut juga. Nutrisi ini bisa berbentuk serum atau vitamin rambut yang bisa Anda aplikasikan tiap habis keramas. Mengenai waktu terbaik untuk menggunakannya adalah saat rambut berada dalam keadaan setengah kering sehingga serum atau vitamin rambut lebih udha terserap hingga ke akarnya. Selain itu, Anda juga bisa mengaplikasikan makser rambut secara rutin satu atau dua kali dalam seminggu. Selain menjaga kelembaban rambut, masker rambut ini juga akan membantu menjaga warna rambut yang Anda aplikasikan.

Perawatan yang berikutnya adalah dengan menggunakan shampo khusus yang memang diperuntukkan bagi rambut yang diwarnai. Jangan sampai Anda salah memilih shampo karena ini akan membuat pigmen rambut yang diwarnai menjadi berkurang sehingga akan berdampak pada warna yang bisa lebih cepat pudar. Selanjutnya, shampo anti ketombe juga tidak disarankan untuk Anda gunakan karena zat kimia yang ada di dalamnya cukup keras yang bisa membuat warna rambut menjadi kusam dan rambut juga menjadi kering.

Cara yang terakhir dalam pembahasan kali ini adalah dengan menggunakan kondisioner. Kondisioner ini memang sebaiknya tidak Anda lupakan karena rambut yang sudah diwarnai pastinya sudah melalui proses kimia sehingga rambut pun membutuhkan perlindungan ekstra termasuk dari kondisioner. Fungsi dari kondisioner untuk rambut yang diwarnai ini adalah untuk mencegah rambut kering, kusam serta rontok dan juga membantu menjaga kelembaban rambut. Aplikasikan kondisioner ini setelah Anda selesai keramas. Anda bisa mengaplikasikan kondisioner hanya pada rambut saja, hindari area kulit kepala karena kondisioner bisa mengakibatkan munculnya jamur seperti ketombe pada kulit kepala.

Itulah 4 cara merawat rambut diwarnai secara alami yang memang sebaiknya tidak Anda abaikan demi menjaga kesehatan rambut Anda sendiri. Tambahan lagi, Anda sebaiknya juga mengurangi penggunaan alat penata rambut yang mengeluarkan panas seperti catokan atau hair dryer ya, karena benda-benda seperti ini bisa menurunkan kadar protein di dalam rambut sehingga rambut akan menjadi kering. Selain itu sebisa mungkin hindarilah sinar matahari secara langsung, kalaupun tidak bisa menghindari, gunakan pelindung sebelumnya seperti vitamin rambut atau bahkan payung.

Oke, kiranya cukup itu saja cara merawat rambut yang dicat atau diwarnai dari kami kali ini. Semoga bermanfaat ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here