Cara Mengobati Panu Yang Sudah Menyebar Dengan Cepat

0
24

Cara Mengobati Panu Yang Sudah Menyebar Dengan Cepat – Panu adalah penyakit yang diakibatkan oleh infeksi jamur yang biasanya ditandai dengan adanya bercak kecil pada kulit, dimana bercak ini bisa saja lebih cerah ataupun lebih gelap dari warna kulit asalnya.

Panu pada dasarnya bukanlah penyakit yang berbahaya, hanya saja sama seperti jerawat, panu ini hanya mengganggu penampilan dan bisa mengganggu kenyamanan karena rasa gatal ditimbulkannya. Biasanya, jika seseorang terkena panu di satu titik, panu ini bisa semakin lebar atau semakin bertambah dan menyebar seiring dengan berjalannya waktu, yang terkadang juga bisa mengakibatkan kulit menjadi kasar. Nah, bagian tubuh yang biasanya sering terkena panu adalah punggung, leher, dada, perut serta lengan atas.

Cara Mengobati Panu Yang Sudah Menyebar

cara mengobati panu yang sudah menyebar dengan cepat

Setelah panu menyebar ke bagian tubuh yang lain, apalagi jika sampai ke seluruh tubuh, tentu ini bukanlah suatu kabar yang baik karena kualitas hidup Anda bisa saja terganggu. Proses pengobatan panu ini sebaiknya dilakukan sejak awal kemunculan panu tersebut, karena mengobati panu yang sudah menyebar lebih sulit dan memerlukan waktu yang cukup lama.

Tetapi bukan berarti tidak bisa diobati loh, tetap bisa, hanya seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, lebih sulit, lebih lama dan pastinya membutuhkan kesabaran yang ektra. Nah, untuk Anda yang saat ini tengah bingung mencari cara mengobati panu yang sudah menyebar ataupun yang belum menyebar, Anda bisa ‘meninggalkan’ kebingungan Anda tersebut, karena kami akan memberikan jawabannya melalui ulasan yang ada di bawah ini, antara lain:

Cara mengobati panu

Cara mengobati panu yang membandel yang pertama adalah dengan memanfaatkan khasiat dari bawang putih.
Bawang putih ini mengandung antibiotik yang dinilai efektif dalam membunuh jamur yang menyebabkan panu. Makanya tidak heran jika kemudian bumbu dapur yang satu ini banyak dimanfaatkan oleh orang-orang karena kemampuannya dalam menyingkirkan panu cukup cepat.

Nah, jika Anda juga tertarik untuk menggunakan bawang putih dalam mengatasi panu, Anda bisa memperhatikan langkah-langkah yang kami bagikan di bawah ini:

  1. Siapkan bawang putih secukupnya
  2. Kupas bawang putuh tersebut lalu belahlah menjadi dua bagian, pastikan agar cairan yang ada di dalam bawang putih keluar ya
  3. Jika sudah, oleskan bagian bawang putih yang mengeluarkan cairan ini pada bagian kulit yang berpanu, lakukan sampai bawang putih menjadi kering

Cara mengobati panu dengan cepat selain dengan menggunakan bawang putih juga bisa menggunakan lengkuas yang dikombinasikan dengan garam.
Sama dengan bawang putih, keduanya adalah bumbu dapur yang sama-sama ampuh dalam mengatasi panu berkat kandungan amilum, flavonoid dan kuerselin di dalam lengkuas. Bagaimana dengan garam? Garam ini juga banyak digunakan untuk pengobatan tradisional karena salah satu kandungannya adalah anti bakterial.

Adapun cara menggunakan lengkuas dan garam untuk mengatasi panu adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan lengkuas ecukupnya serta garam secukupnya
  2. Jika kedua bahan ini sudah siap, selanjutnya potong lengkuas menjadi beberapa bagian, kemudian gosokkan pada panu
  3. Nah, sambil menggosok panu dengan lengkuas, Anda bisa menaburkan garam untuk mendukung kinerja dari lengkuas ini

Oke, cara yang berikutnya ini bisa Anda anggap sebagai cara mengobati panu di wajah, punggung ataupun bagian tubuh yang lainnya. Bahan yang digunakan adalah belimbing wuluh dan kapur sirih. Cara ini memang sudah banyak dilakukan oleh orang-orang, tetapi mengenai keefektifannya masih belum diketahui, tetapi tak ada salahnya kan untuk dipelajari?

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan belimbing wuluh serta kapur sirih yang telah dilumatkan secukupnya
  2. Haluskan belimbing wuluh ini kemudian campurkan dengan kapur sirih
  3. Jika sudah tercampur dengan merata, Anda bisa menggunakannya untuk mengoles bagian tubuh yang berpanu, diamkan sampai kering baru kemudian bilas sampai bersih.

Nah, itu dia cara mengobati panu di punggung, wajah, leher, lengan atas ataupun bagian tubuh lainnya dengan menggunakan bahan-bahan alami. Catatan penting yang harus Anda perhatikan di sini adalah bahwa cara yang pertama dan cara yang kedua akan menimbulkan rasa perih saat dilakukan, tetapi Anda jangan khawatir karena rasa perih ini adalah akibat dari adanya kontak antibakteri dalam bahan dengan penyebab panu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here